Categories

A sample text widget

Etiam pulvinar consectetur dolor sed malesuada. Ut convallis euismod dolor nec pretium. Nunc ut tristique massa.

Nam sodales mi vitae dolor ullamcorper et vulputate enim accumsan. Morbi orci magna, tincidunt vitae molestie nec, molestie at mi. Nulla nulla lorem, suscipit in posuere in, interdum non magna.

MENGENALI KINECT XBOX

Kinect Xbox adalah sebuah perangkat input/ sensor yang digunakan untuk mendeteksi gerakan seseorang dalam menjalankannya, kinect xbox diperoduksi oleh Microsoft untuk sebuah video Games Xbox 360 dan PC Windows. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan Webcam kinect dapat menangkap gerakan pengguna sehinga pengguna tidak perlu harus menyentuh langsung Controller game, cukup hanya dengan melakukan gerakan saja.

gambar kinect

Kinect dibuat dengan menggunakan teknologi softwere yang lalu dikembangkan dengan internal oleh Rare, yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan cabang dari Microsoft Game Studio yang dimilik Microsoft. Kamera yang terdapat pada Kinect Xbox dikembangkan oleh Primesense yang berasal dari Israel dirancang oleh sebuah perusahaan yang berpusat di Tel Aviv, Primesense mampu mengembangka sebuah sistem yang mampu mengartikan sebuah gerakan secara tepat sehingga tidak perlu ada pengaturan tangan pada perangkat Kinect, hanya perlu menggunakan proyektor infrared, camera dan microchip untuk dapat mendeteksi gerakan 3D. Sistem 3D scanner ditanamkan di Light Coding yang banyak menggunakan variasi dari rekonktruksi gambar 3D. Kinect juga dapat menghasilkan gambar 3D dari objek yang memainkan dan dapat mengikuti pergerakan yang dilakukan oleh siobjek sebab kinect delengkapi oleh seperangkat Hardware dan Software. Sensor kinect berbentuk seperti horizontal bar yang didesain memanjang atau dibawah video display yang terhubung dengan kaki kecil untuk menyangga kinect xbox dengan sebuah poros yang dapat berputar dan dilengkapi dengan Motorized Tilt.

gambar kinect 1

Sensor pada Kinect itu sudah dirancanjang untuk diletakkan diatas TV atau dibawah TV. Untuk dapat menjalankanya, Kinect dihubungkan oleh konektor yang dikombinasikan dengan Port USB serta listrik tambahan untuk dapat memunuhi kebutuhan. Cara kerja Kinect Xbox dengan mendeteksi suatu gerakan yang akan dideteksi oleh perangkat input sehingga dapat melacar pergerakan setiap pengguna. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, sehingnga dapat menangkap pergerakan setiap pengguna tanpa harus menyentuh langsung Controller game, hanya dengan melakukan pergerakan alami saja pada saat memainkanya seperti menendang, memukul, melompat dan sebagainya. Kinect juga memiliki sebuah kamera RGB, sensor kedalaman dan multi-array michrophone yang dilengkapi oleh software khusus yang dapat menyediakan kemampuan untuk menangkap gerak secara 3D untuk dapat mengenali seluruh anggota tubuh dan dapat kemampuan untuk mengenali suara serta mengenali wajah. Didalam Kinect xbox juga terdapt sensor yaitu, proyektor laser infrared adalah sensor kedalaman yang berkombinasi dengan CMOS untuk menangkap video atau data dalm bentuk 3D pada saat-saat cahaya sedang ambien. Jarak pengindraan dapat kita atur dari sebuah sensor kedalaman dan software kinect akan secara otomatis langsung malakukan kalibrasi pada sensor berdasarkan game dan lingkungan fisik pemain agar dapat mengakomodasi adanya sebuah furnitur atau halangan lainnya.

Didalam Kinect terdapat input diviace yang berfungi untuk mendeteksi pergerakan individu dalam menjalankan, yaitu terdapat kamera RGB, Sensor kedalam dan microphone multiarray serta dilengkapi dengan software khusus sehingga dapat menampilkan pergerakan pemain secara 3D, juga dapat mengenalai wajah pemain dan menenali suaran.

Ada 3 inovasi hargdware yang bekerja bersama-sama di dalam sensor Kinect yaitu:

  • Color VGA video camera
  • Depth Sensor
  • Multi-array michrophones

Cara memainkan Kinect Xbox sangat lah mudah, kita hanya menggerakan tubuh kita secara alami sesuai dengan permainan yang sedang kita mainkan, seperti menendang tokoh dalam video game juga akan menendang, pada saat kita memukul tokoh yang ada pada video game juga akan memukul, saat kita melompat tokoh juga akan ikut melompat, dan gerakan seolah-olah kamu sedang mengendarai motor atau mobil tokoh pada video game juga akan mengikuti pergerakan yang kamu lakukan tanpa harus menyentuh langsung. Kinect juga dapat mengenali hingga enam orang, dua orang pemain aktif untuk dianalisis setiap pergerakan per orangnya yaitu, 20 titik sendi. Namun, PrimeSense menyatakan bahwa jumlah orang yang dapat “dilihat” (tidak diproses sebagai pemain) hanya dibatasi oleh berapa banyak yang dapat masuk ke dalam jangkauan kamera saja. Karena motor penggerak Kinetc hanya dapat bergerak hingga sudut yang curam, maka sumber daya yang dibutuhkan tidak memadai jika hanya berasal dari Xbox 360

Kelebihan dan kekurangan dari Kinect Xbox:

Kelebihan:

  1. Kita juga dapat berolah raga, sebab saat kita memainkannya menggunakan pergerakan yang menggunakan Virtual Trainer.
  2. Saat memainkanya kita hanya menggerakan anggota tubuh kita tanpa harus memegang joystict, munchuk atau sensor sekalipun.
  3. Juga terdapat fitur Voice Recognition yang bisa jadi Voice Control pada saat kita beraktifitas.
  4. Pada saat kita memain game olahraga seprti Tennis, Golf, Basket, dan Sepakbola, kita hanya perlu menggerakkan tangan kita, kaki atau pergerakan yang lainnya yang dibutuhkan dalam memainkanya tanpa ada sensor-sensor tambahan.
  5. Ini juga memanjakan pengguna dengan fitur-fitur yang telah disediakan, misalnya untuk Fitness kita dapat mengunakan barbel yang sesuai dengan program fitness kita.
  6. Kita juga dapat aerobic sesuai dengan program kita,yaitu Slim ( Menguruskan ), Toning, Cardio, Zen, Box, dan lain-lain.
  7. Pada saat kita memainkan game bertarung yang kita lakukan tinggal memukul, menendang, begitu pula pada saat kita memainkan game balap mobil/ motor tidak perlu membeli perangkat setir/ stang hanya berpura- pura memegang setir/ stang seolah kita sedang mengendarainya. Dan masih banyak lagi.

Kekurangan:

  1. Jika kita ingin memiliki Kinect Xbox, maka sediakan ruangan yang besar untuk memainkanya paling tidak berukuran 2.5 m2( meter persegi ) jika lebih besar maka akan lebih bagus dan lebih leluasa dalam memainkanya.
  2. Di Indonesia Kinect Xbox tidak dijual secara Resmi, ( harus beli yang region di support, contoh: Amerika Serikat, Inggris,Singapura dan Saudi Arabia, dll).

Sumber:

http://malang-post.com/arsip-berita/58773-berkat-kinect-main-game-tak-perlu-sentuh-kontroler

http://kangtanto.com/technology/cara-kerja-kinect

http://berilmu.com/blog/berolahraga-dengan-menggunakan-xbox-360-dan-kinect-sensor/

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>